10 Cara untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi Anak

Mengerjakan suatu pekerjaan dalam waktu yang cukup lama bukanlah hal yang mudah bagi anak-anak. Untuk itu diperlukan banyak latihan agar anak-anak dapat lebih berkonsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan. Kita sebagai orang tua dapat berperan untuk melatih anak kita agar dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi mereka.

Berikut ini sepuluh cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan konsentrasi anak:

1.Sesuaikan tugas dengan usianya.
Ada kalanya anak-anak tidak bisa fokus dalam melakukan satu pekerjaan karena pekerjaan tersebut terlalu mudah atau terlalu sulit buat mereka. Jadi, berikanlah jenis pekerjaan sesuai perkembangan usianya, tidak terlalu susah, tapi cukup menantang untuk diselesaikan.

2. Bagilah pekerjaan kedalam beberapa bagian yang lebih kecil.
Pekerjaan yang terlalu banyak akan membuat anak-anak merasa berat duluan. Dengan membagi menjadi pekerjaan yang lebih sedikit maka anak-anak akan merasa lebih mudah dalam mengerjakannya.

3. Minimalkan gangguan dan pengalih perhatian.
Untuk melatih konsentrasi, anak harus diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugasnya tanpa gangguan. Gangguan tersebut bisa berupa suara musik yang terlalu keras atau godaan untuk menonton TV atau bermain game.

4. Permainan “deadline”
Biasakan anak untuk dapat menyelesaikan tugas dalam rentang waktu tertentu, misalnya mengerjanan sepuluh soal matematika dalam waktu setengah jam. Dengan demikian dia akan lebih memfokuskan dirinya untuk menyelesaikan tugas dalam rentang waktu tersebut.

5. Ajari cara menyusun tujuan
Adanya tujuan akan membantu kemampuan anak untuk fokus dalam melakukan tugas. Biarkan anak-anak menyusun sendiri tujuannnya dengan bantuan kita apabila diperlukan.


 

 

6. Jangan pelit dengan pujian
Pada saat anak telah berhasil mengerjakan tugas yang diberikan, berikanlah pujian atas keberhasilannya. Anak-anak harus diberi pujian atas usaha kerasnya dalam menyelesaikan pekerjaan, bukan hasil pekerjaannya.

7. Permainan melatih ingatan
Permainan dalam mengingat sesuatu merupakan cara yang menyenangkan untuk melatih fokus dan konsentrasi. Permainan juga dapat dilakukan menggunakan media digital seperti komputer atau tablet.

8. Hindari pekerjaan yang terlalu banyak.
Anak-anak memerlukan waktu yang cukup untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai. Memberikan tugas terlalu banyak justru akan membuat anak kehilangan konsentrasi karena pikirannya melayang untuk melakukan pekerjaan lain yang lebih dia sukai.

9. Berikan ancang-ancang waktu
Berikanlah ancang-ancang waktu pada saat kita meminta anak untuk berpindah melakukan pekerjaan yang lain dari yang sedang dia kerjakan. Misalnya, sewaktu anak belajar komputer dan kita ingin menyuruhnya untuk belajar matematika, maka janganlah meminta dia untuk melakukannya seketika. Katakanlah misalnya dalam waktu sepuluh menit dia harus mematikan komputernya dan mulai belajar matematika.

10. Berikan nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup
Asupan nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup adalah faktor yang sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi. Berikanlah makanan yang cukup mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh serta berikan waktu tidur yang cukup.

Demikianlah sepuluh hal yang dapat kita lakukan sebagai orang tua untuk membantu anak kita tercinta agar dapat meningkatkan daya konsentrasinya yang akan menentukan prestasi yang dapat diraih.

Sumber inspirasi tulisan: familyshare.com

Ayo sebarkan artikel ini!

 

Pendapat anda

komentar