8 Bekal untuk Mempersiapkan Anak Kita agar Menjadi Pebisnis yang Sukses

Sebagian besar pengusaha sukses di dunia adalah orang-orang yang telah melatih kemampuan berwirausaha sejak kecil. Mereka memiliki “otak dagang” yang terasah, baik karena lingkungan yang mendukung maupun karena keterpaksaan ekonomi. Daftar orang terkaya di dunia tidak didominasi oleh keturunan orang-orang kaya saja, melainkan juga diisi oleh orang-orang yang sewaktu kecil hidup dalam kekurangan.

Intinya adalah: tidak masalah keadaan ekonomi kita saat ini, kaya atau miskin, anak-anak kita memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi orang yang sukses di kemudian hari. Kesempatan mereka untuk mencapai kesuksesan akan menjadi lebih besar apabila kita membekali mereka dengan segenap dukungan yang dibutuhkan.

 

Berikut ini tips yang diberikan oleh salah seorang pengusaha sukses yang memulai usahanya dari bawah tentang bagaimana mempersiapkan anak-anak agar kelak bisa berhasil untuk menjadi pengusaha yang sukses.

 

1. Ajari anak untuk memiliki tujuan

Contoh latihan: Mintalah anak anda untuk menuliskan tujuan apa yang ingin dia capai, kemudian  bimbinglah dia untuk memikirkan dan menuliskan hal-hal apa saja yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

 

2. Belajar untuk selalu bisa melihat peluang

Contoh latihan: Mintalah anak anda untuk memikirkan jajanan apa yang paling diinginkan teman-temannya di sekolah tetapi tidak tersedia disana.

 

3. Kemampuan menjual adalah hal yang paling utama dalam bisnis

Contoh latihan: Buatlah camilan sehat yang disukai oleh anak-anak, kemudian minta anak anda untuk menjualnya kepada teman-temannya di sekolah.

 

4. Pengetahuan finansial adalah ilmu yang wajib dimiliki

Contoh latihan: Ajari anak untuk mencatat modal yang dikeluarkan untuk dagangannya di sekolah, berapa uang yang dia dapat, dan berapa besar keuntungan yang diperoleh. Kemudian ajari pula untuk menabung guna dijadikan modal usaha selanjutnya.

5. Kembangkan kreativitas

Contoh latihan: Buatlah permainan dengan cara memperhatikan produk yang ada di sekitar rumah, kemudian sebutkan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat produk tersebut lebih menarik atau lebih berguna.

 

6. Kemampuan untuk menghadapi kegagalan

Contoh latihan: Ketika anak anda tidak berhasil menjual dagangannya, beritahulah bahwa dalam berdagang kita tidak selalu selamanya untung. Kemudian diskusikan bagaimana caranya untuk membuat dagangannya lebih laku lain kali.

 

7. Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting bagi bisnis

Contoh latihan: Ajari anak untuk berbicara dengan sopan kepada orang lain, kemudian ajari juga bagaimana cara menawar yang baik.

 

8. Berbagi itu menyenangkan

Contoh latihan: Ajaklah anak untuk berdiskusi bagaimana kita bisa menolong orang lain dengan uang yang didapat. Anjurkan dia untuk menyisihkan sebagian pendapatannya untuk diberikan kepada fakir miskin atau untuk mengisi kotak amal.

 

Ayo sebarkan artikel ini!

Pendapat anda

komentar

Submit a Comment