8 Keterampilan Penting yang Dipelajari Anak dari Kesenian

musik-anak1Anak-anak secara naluriah senang dengan kesenian seperti menggambar, melukis, bermain musik, dan bermain drama. Tetapi seiring dengan bertambahnya usia anak, aktivitas anak dalam kesenian semakin berkurang karena tuntutan pelajaran akademik lain lebih dipentingkan. Tetapi ternyata aktivitas kesenian sangat berguna bagi anak tidak hanya untuk mengasah bakat seni saja, melainkan banyak manfaat lain yang sering kali tidak diketahui.

 

 

 

Berikut ini 8 manfaat penting dari kesenian bagi perkembangan anak:

1. Kreativitas

Seni akan mengajarkan anak untuk berpikir kreatif. Dalam seni lukis, anak bisa melukis apa saja sesuai dengan imajinasinya. Dalam seni drama, anak bisa memerankan tokoh yang belum pernah didengar atau dilihatnya. Apabila seorang anak sudah terbiasa untuk berpikir kreatif sejak kecil, maka kreatifitas akan datang secara alami ketika dia sudah besar.

 

2. Rasa percaya diri

Baik melalui seni lukis, drama, ataupun musik, anak-anak akan terbiasa untuk menampilkan hasil karyanya kepada orang lain. Hal ini akan membantu mereka untuk tidak menjadi pemalu dan meningkatkan rasa percaya diri.

 

3. Memecahkan masalah

Karya seni timbul dari aktivitas pemecahan masalah. Misalnya, bagaimana membentuk bongkahan tanah liat menjadi sebuah teko, bagaimana merangkai nada-nada menjadi musik yang enak didengar, dan bagaimana mencampurkan warna-warna sehingga tercipta lukisan yang indah. Tanpa disadari, membuat karya seni akan melatih anak-anak untuk memecahkan masalah untuk mencapai tujuan.

 

4. Kegigihan

Misalnya, pada saat seorang anak mulai belajar piano, untuk dapat memainkan lagu balonku saja akan terasa susah. Tapi dengan kegigihan untuk berlatih, jangankan lagu balonku, ciptaan Mozart atau Beethoven pun akan bisa dia mainkan. Anak-anak adalah pejuang yang tangguh, mereka akan terus mencoba sampai mereka bisa.

 

5. Fokus

Pada saat sang anak mengerjakan karya seni yang disukainya, maka pikirannya akan terfokus untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Konsentrasi yang diciptakan oleh anak ketika mengerjakan karya seni bahkan lebih tinggi dibandingkan ketikan melakukan hal yang lain.

 

6. Menerima umpan balik

Anak-anak akan belajar bahwa umpan balik berupa komentar dan penilaian dari orang lain adalah salah satu hal yang bisa membuat dia untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi

 

7. Kerja sama

Dengan bermain drama atau bermain musik dalam kelompok misalnya, seorang anak akan dilatih untuk bekerja sama dengan orang lain dalam rangka menghasilkan penampilan yang baik. Dia akan berlatih untuk menyadari peranannya dalam kelompok, bertanggung jawab, dan bekerja bersama-sama. Dia akan belajar bahwa untuk menghasilkan penampilan yang baik, maka setiap orang harus tampil sebaik-baiknya sesuai dengan peranan masing-masing.

 

8. Disiplin

Anak-anak akan belajar bahwa agar bisa menghasilkan karya atau penampilan yang baik akan membutuhkan banyak latihan. Dalam seni drama dan musik, mereka harus melakukan latihan bersama secara rutin dan tepat waktu, atau semuanya akan menjadi berantakan.

Ayo sebarkan artikel ini!

 

Pendapat anda

komentar

Submit a Comment