Cara Jitu untuk Membantu Anak Menghafal Pelajaran Sekolah

Bagaimana cara menghafal yang tepat supaya anak mudah mengingat pelajaran di sekolah ? Ini mungkin salah satu pertanyaan yang paling banyak muncul didalam benak orang tua. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan untuk menghafal pelajaran menjadi salah satu kunci kesuksesan anak di sekolah. Memang tidak semua mata pelajaran mengharuskan siswa untuk menghafal semua materi pelajaran, tapi ada juga mata pelajaran yang mengharuskan siswa untuk menghafal. Contohnya dalam pelajaran sejarah, siswa diharuskan untuk menghafalkan suatu peristiwa sejarah, kapan terjadinya, apa yang terjadi, dan siapa saja tokoh sejarah yang terlibat.

 

Hal-hal yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengingat sesuatu

Untuk dapat membantu anak dalam menghafal pelajaran sekolah mereka, kita sebagai orang tua terlebih dahulu harus memahami hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengingat sesuatu hal sebagaimana yang diterangkan berikut ini:

  1. Keakraban – Seberapa familiar kita dengan subjek tersebut.
  2. Ukuran – Seberapa banyak subjek yang harus diingat.
  3. Keteraturan – Seberapa teratur subjek tersebut.
  4. Hal yang mencolok – Seberapa menarik subjek tersebut.
  5. Keruwetan – Seberapa sukar untuk mengerti subjek tersebut.
  6. Kepentingan – Seberapa pentingnya subjek tersebut dalam hidup kita.
  7. Kesesuaian – Seberapa relevan hal tersebut dengan kehidupan kita.
  8. Kesegeraan – Seberapa cepat subjek tersebut dibutuhkan.
  9. Inderawi – Bagaimana kesesuaian hal tersebut dengan panca indera kita.

Dengan mengetahui hal tersebut di atas, kita dapat menyiasati subjek pelajaran yang ingin dihafal dengan melakukan tindakan berikut ini:

  1. Keakraban – Bacalah lebih sering atau berulang-ulang
  2. Ukuran – Bagilah pelajaran kedalam bagian yang lebih kecil yang mudah di hafal
  3. Keteraturan – Bagi dan kelompokkan subjek hafalan kedalam kelompok yang mudah kita pahami
  4. Hal yang mencolok – Buat cerita yang lebih menarik atau lucu mengenai subjek tersebut
  5. Keruwetan – Buat penjelasan yang lebih sederhana
  6. Kepentingan – Kaitkan subjek tersebut dengan hal yang penting dalam hidup kita
  7. Kesesuaian – Cari cara bagaimana subjek tersebut dapat berguna dalam hidup kita
  8. Kesegeraan – Buatlah deadline
  9. Inderawi – Hubungkan hal tersebut dengan panca indera kita (bagaimana bentuknya, rasanya, baunya, dsb.)

Setelah memahami hal mendasar di atas, kini saatnya bagi kita orang tua untuk menyusun strategi menghafal yang sesuai dengan karakter anak kita. Cara menghafal yang efektif berbeda-beda untuk tiap anak, tergantung pada kecenderungan karakter yang dimiliki anak tersebut. Bacalah artikel mengenai 3 tipe cara belajar yang penting untuk diketahui untuk memahami termasuk kedalam golongan mana anak kita.

 

Untuk lebih mendalami pengetahuan mengenai ketiga tipe belajar tersebut, bisa dilihat pada artikel berikut:

 

Berdasarkan pengetahuan mengenai hal-hal yang mempengaruhi kemampuan untuk mengingat dan kecenderungan karakter anak, maka kita bisa membantu anak dengan membuat cara menghafal yang efektif dan menciptakan lingkungan yang mendukung.

 

Contoh kasus:

Pada pelajaran IPS, siswa diminta untuk menghafalkan rentetan peristiwa yang terjadi sebelum proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 dimulai dari dibentuknya BPUPKI, kemudian dibentuk PPKI yang terdiri dari 9 tokoh yang kemudian melahirkan piagam jakarta.

Bagi anak yang memiliki kecenderungan sebagai pembelajar visual, hafalan dapat dibantu dengan menggambarkan peristiwa tersebut secara visual. Mintalah anak untuk menggambar sebuah meja yang dikelilingi oleh 9 orang. Tuliskan nama anggota panitia 9 pada gambar orang tersebut, dari mulai Soekarno, M. Yamin, dan seterusnya. Untuk menghafalkan isi piagam Jakarta, gambarlah sebuah piagam dengan gambar tugu monas didalamnya, kemudian tuliskan isi piagam Jakarta dalam piagam tersebut.

Bagi anak yang memiliki kecenderungan sebagai pembelajar auditori, hafalan bisa dibantu dengan menceritakan peristiwa sejarah tersebut sebagaimana dalam sandiwara radio. Buatlah percakapan antara tokoh-tokoh panitia 9 dengan percakapan yang menarik.

 

Demikianlah teknik yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak dalam menghafal pelajaran sekolah. Dengan sedikit latihan dan kreatifitas, maka orang tua dapat memaksimalkan kemampuan anak dalam menghafal pelajaran sesuai dengan karakter yang dimiliki oleh masing-masing anak.

 

Ayo sebarkan artikel ini!

Pendapat anda

komentar