Cara Menonton Video YouTube yang Aman Bersama Anak

YouTube adalah tempat orang berbagi konten video tentang berbagai macam hal. Ada banyak video yang mendidik di sana, tapi sayangnya lebih banyak lagi video yang isinya sangat tidak layak untuk dilihat oleh anak.

Lalau bagaimana caranya apabila ingin memperlihatkan video yang bersifat mendidik kepada anak tanpa adanya gangguan dari iklan atau komentar yang tidak sesuai untuk anak ?

Ada dua cara yang dapat kita lakukan untuk memperlihatkan video tersebut kepada anak:

1. Download video tersebut ke dalam komputer kita. Untuk download video dari YouTube, kita bisa menggunakan program video downloader atau melalui website untuk download video seperti www.keepvid.com. Setelah video tersebut didownload, kita bisa menonton bersama anak bahkan tanpa koneksi internet.

2. Menonton video YouTube secara online dengan perantaraan website lain yang hanya akan menampilkan video yang ingin kita tonton saja, tanpa iklan.

Caranya, copy alamat dari video yang akan kita tonton, contohnya https://www.youtube.com/watch?v=-w-GoSJpvdw. Setelah itu, buka website www.viewpure.com.

viewpure

Setelah itu, paste alamat video tersebut pada tempat yang disediakan, lalu klik tombol Purify di sebelah kanan. Maka video yang akan kita tonton bersama anak akan ditampilkan dengan bersih, tanpa iklan dan lain-lain.

Sebagai catatan, dengan cara ini kita tidak bisa melakukan filter terhadap isi video yang kita tonton. Oleh karena itu kita sebagai orang tua sebaiknya melihat dulu video tersebut untuk memastikan bahwa isinya tidak akan membawa akibat yang tidak baik. Dan jangan lupa untuk selalu mendampingi putra-puteri kita dalam menonton dan aktivitas online lainnya.

Ayo sebarkan artikel ini!

Pendapat anda

komentar