Cara Mudah Menghafal Perkalian

Ketika saya SD dulu, setiap murid diwajibkan untuk menghafal perkalian dengan cara menyebutkan tabel perkalian di depan kelas. “Satu kali satu sama dengan satu, satu kali dua sama dengan dua…” dan seterusnya sampai “Sepuluh kali sepuluh sama dengan seratus”.

Kini, sewaktu saya akan mengajarkan perkalian kepada anak-anak saya dengan cara yang sama, saya merasakan bahwa cara seperti itu rasanya kurang efektif dan terlalu lama. Karena itu, saya mencoba  mencari referensi di Internet tentang berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk menghafalkan perkalian dasar secara lebih mudah.

Akhirnya saya mendapatkan satu metode yang saya anggap cocok yang dapat membantu anak-anak untuk dapat menghafalkan perkalian dengan lebih cepat, yaitu dengan menggunakan cara skip counting dengan bantuan tabel perkalian yang dipersingkat.

Pada cara konvensional, tabel perkalian ditulis dengan cara seperti ini :

perkalian 3

Dengan menggunakan tabel perkalian seperti di atas, maka anak-anak akan cenderung untuk membaca secara keseluruhan. Contohnya, 3×2=6, akan dibaca: “tiga kali dua sama dengan enam”. Padahal yang perlu dihafal sebetulnya adalah hasilnya saja, yaitu “enam”.

Dengan menggunakan tabel perkalian yang dipersingkat seperti dibawah ini, maka anak-anak cukup menyebutkan hasil perkaliannya saja secara berurutan. Misalnya untuk perkalian 3 cukup menyebutkan angka 3, 6, 9, dst. Hal ini tentu akan lebih cepat daripada harus meyebutkan 3×1=3, 3×2=6, 3×3=9 dan seterusnya secara lengkap.

x3-1

Untuk membantu menghafal perkalian dengan cara ini, saya sudah membuat tabel perkalian yang menarik yang dapat dicetak pada kertas A4 dan ditempel pada dinding kamar anak. Anda dapat mengunduh berkasnya pada tautan ini.

Tabel perkalian 2-5

tabel perkalian 6-9

 

Cara menghafalkan perkalian dengan metode ini adalah sebagai berikut:
– Mintalah anak anda untuk membaca hasil perkalian pada satu angka, misalnya dimulai dari perkalian 2.
– Selanjutnya, mintalah anak anda untuk menyebutkan angka-angka hasil perkalian 2 secara berurutan tanpa melihat gambar.
– Latihlah terus sehingga anak anda menguasai perkalian 2. Selanjutnya, lakukan langkah-langkah yang sama untuk menghafal perkalian 3,4,5, dan seterusnya.

Demikianlah salah satu cara menghafal perkalian yang lebih cepat dan mudah yang dapat anda coba, semoga berguna.

 

Ayo sebarkan artikel ini!

Pendapat anda

komentar