10 Hal Penting yang Membuat Anak Sukses di Sekolah

Hal-hal apa saja yang bisa membuat seorang anak menjadi sukses dalam pelajarannya di sekolah? Jawaban dari pertanyaan ini mungkin merupakan salah satu hal yang paling dicari-cari oleh para orang tua. Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya bisa menjalani pelajarannya di sekolah dengan hasil yang memuaskan. Tapi pada kenyataannya tidak semua anak dapat memenuhi keinginan orang tuanya tersebut.

Sharon dan Craig Ramney, keduanya merupakan profesor di Georgetown University, menuliskan dalam bukunya yang berjudul “Going to School“,¬†¬†menyatakan bahwa ada sepuluh ciri anak yang akan mencapai kesuksesan di sekolah. Kesepuluh hal ini merupakan buah dari pendidikan yang diberikan oleh orang tua mereka.

 

1. Memiliki keinginan kuat untuk belajar.

Sejak bayi mereka telah selalu diperkenalkan dengan hal-hal baru untuk dipelajari yang menambah rasa ingin tahu mereka.

2. Selalu ingin tahu.

Mereka selalu mempertanyakan hal-hal yang ada di sekitar.

3. Selalu giat dan pantang menyerah.

Hal ini merupakan akibat dari orang tua yang selalu memberikan bimbingan bahwa setiap kerja keras akan memberikan hasil yang lebih.

4. Memiliki kepekaan emosional dan sosial.

Orang tua dapat mengajarkan kepada anak bagaimana menghadapi situasi tertentu baik di sekolah maupun di lingkungan rumahnya.

5. Mencontoh orang tuanya dalam hal belajar.

Hal ini bukan berarti menuntut orang tua supaya menjadi sempurna, tapi bahwa orang tua harus secara sadar untuk mencontohkan bagaimana cara belajar yang baik.

 

6. Menyadari akan kelebihan yang dimilikinya.

Orang tua selalu memberikan semangat dan penghargaan atas pencapaian yang diraih oleh si anak.

7. Memiliki disiplin.

Sebagai hasil didikan orang tuanya, anak akan memiliki rasa disiplin paling tidak atas hal-hal rutin yang dikerjakan tiap hari, seperti waktu bangun, waktu makan, belajar, dan sebagainya.

8. Menyadari bahwa segala sesuatu ada aturannya.

Bukan berarti anak tersebut selalu menurut dan mengikuti semua aturan. Tetapi mereka menyadari adanya batas yang tidak boleh dilanggar dan akan ada konsekwensi apabila terjadi pelanggaran.

9. Memiliki lingkungan yang mendukung keinginan untuk belajar.

Sejak kecil orang tuanya telah memberikan suasana belajar yang menyenangkan.

10.Masuk di sekolah yang menghargai pencapaian suatu prestasi.

Tidak selalu berari prestasi akademik, tetapi juga prestasi dalam hal yang lain yang merupakan kelebihan seorang anak dibandingakan anak lain di sekolah.

Ayo sebarkan artikel ini!

 

Pendapat anda

komentar

Submit a Comment