Penting! Inilah Panduan bagi Orang Tua untuk Membantu Anak Belajar Matematika di Rumah

Penting! Inilah Panduan bagi Orang Tua untuk Membantu Anak Belajar Matematika di Rumah

 

Banyak orang tua yang mengalami kesulitan sewaktu membantu anak untuk belajar matematika di rumah. Ada banyak alasan kenapa orang tua tidak mampu melakukannya, seperti tidak ada waktu, tidak tahu bagaimana harus mengajar, atau mungkin jengkel karena anaknya malas disuruh belajar atau susah sekali diajari.

Sebagai jalan pintas, banyak orang tua yang memilih untuk mendatangkan guru privat atau mendaftarkan anak untuk mengikuti kursus matematika di luar sekolah. Tapi tentu tidak semua orang tua dapat melakukan hal ini, selain karena biayanya cukup mahal, hasilnya juga kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Ada beberapa keuntungan dari mengajarkan sendiri matematika di rumah, diantaranya:
1. Hemat biaya
Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendatangkan guru privat atau untuk membayar biaya kursus serta ongkos untuk pergi ke tempat kursus.

2. Hemat waktu
Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk antar jemput anak ke tempat kursus. Apalagi kalau tempat kursusnya jauh dari rumah atau harus melewati jalanan yang macet.

3. Anda bisa memantau perkembangan si anak
Dengan mengajar sendiri, anda bisa tahu materi apa saja yang sudah dikuasai oleh anak, dan apa yang masih dirasa kurang yang harus dilatih lebih jauh.

4. Waktu lebih fleksibel
Waktu belajar dapat disesuaikan dengan waktu yang tersedia. Aktivitas belajar tidak harus dilakukan dalam rentang waktu yang lama, tapi bisa juga dilakukan dalam waktu jeda.

5. Mendekatkan hubungan dengan anak
Dengan menyisihkan waktu khusus untuk belajar berasama-sama, maka anda akan lebih mendekatkan hubungan dengan anak. Di sela-sela pelajaran, anda bisa menamkan tentang nilai-nilai kehidupan yang baik.

 

Meskipun mengajar sendiri matematika di rumah memiliki beberapa keuntungan, harus diakui bahwa pekerjaan ini tidak selalu mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi baik oleh orang tua maupun anak. Kadang orang tua merasa habis kesabaran karena sikap anak yang tidak kooperatif atau susah sekali untuk mengerti. Tapi percayalah, hasilnya sangat sepadan.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk membantu anak belajar di rumah agar dapat memperoleh hasil yang baik
1. Komitmen
Komitmen dari orang tua merupakan hal yang paling penting. Tanpa komitmen, orang tua akan cepat menyerah dan frustasi apabila menemukan kesulitan dalam mengajar.

2. Pengetahuan dan kemampuan
Untuk dapat mengajar dengan baik, tentunya anda harus memiliki pengetahuan tentang materi pelajaran serta kemampuan untuk mengajarkannya kepada anak anda.

3. Prasarana
Pastikan anda memiliki prasarana yang dibutuhkan untuk memberi pelajaran, seperti buku pelajaran dan dalam konteks sekarang, perangkat komputer yang bisa terhubung ke Internet.

4. Waktu
Anda harus menyisihkan waktu secara khusus untuk mendampingi anak anda belajar. Yang terpenting bukan banyaknya waktu yang digunakan, melainkan bagaimana cara memanfaatkan waktu yang tersedia.

5. Kreativitas
Pada waktu anda membantu anak untuk belajar, anda harus melakukannya dengan cara yang bisa menarik perhatian si anak. Dalam hal ini kreativitas orang tua sangat dibutuhkan. Tapi jangan khawatir, hal apapun sekarang dapat dengan mudah ditemukan di internet, termasuk cara mengajar yang kreatif dan menyenangkan.

 

Selanjutnya, sebagai permulaan, ada sebuah ebook yang mebahas tentang cara mengajar matematika secara mandiri yang dapat anda download secara gratis dibawah ini.

ebook_matematika

Download filenya disini 

Dengan membaca ebook di atas, dihaharapkan anda sudah memiliki gambaran tentang langkah-langkah apa saja yang harus dipersiapkan untuk membantu anak anda belajar matematika di rumah untuk meraih hasil yang lebih baik.

Berikutnya, kami dari anakcerdas.net berkomitmen untuk terus menambah perbendaharaan artikel kami dalam rangkan membantu orang tua untuk dapat mendidik anak-anaknya dengan lebih baik.

Nantikan artikel kami berikutnya:

  • Ulasan materi pelajaran matematika untuk setiap tingkat, dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD
  • Kumpulan cara mengajar matematika secara kreatif yang disusun per materi disertai dengan aktivitas yang menyenangkan
  • Contoh soal latihan matematika dari kelas 1 s.d. kelas 6

Silakan kunjungi lagi anakcerdas.net untuk mendapatkan materi di atas. Jangan lupa kunjungi halaman facebook kami di www.facebook.com/anakcerdas.net untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

 

Ayo sebarkan artikel ini!

Pendapat anda

komentar